cara menggugurkan kandungan dengan obat misoprostol bisa cod

Tips Makanan Ibu Hamil yang Cukup dan Seimbang

Tips Makanan Ibu Hamil yang Cukup dan Seimbang – Menyiapkan Makanan Ibu Hamil merupakan langkah penting yang harus selalu diperhatikan sejak munculnya tanda hamil. Selain untuk menjaga kesehatan ibu yang bersangkutan, makanan yang berkualitas juga penting diberikan untuk calon bayi yang ada dalam rahim. Asupan makanan untuk wanita hamil setidaknya harus mencukupi kebutuhan untuk orang yang sedang hamil dan yang ada dalam kandungannya.

Dalam memenuhi kebutuhan makanan untuk ibu hamil, seorang wanita tidak saja dituntut untuk cukup makan, namun juga harus memperhatikan kandungan gizi dari setiap asupan yang dimakannya. Janin yang ada dalam rahim sangat membutuhkan berbagai gizi yang penting untuk pertumbuhannya. Dengan gizi yang cukup, maka diharapkan bayi yang akan lahir nantinya berada dalam kondisi yang sehat, lengkap organ tubuhnya tanpa cacat atau mengalami kekurangan sediktpun.

Tips Makanan Ibu Hamil yang Cukup dan Seimbang

Tips Makanan Ibu Hamil yang Cukup dan Seimbang

Namun untuk memenuhi kebutuhan Makanan Ibu Hamil, asupan juga perlu memperhatikan prinsip berkecukupan dan seimbang. Asupan makanan mesti cukup, baik untuk sang ibu maupun janinnya. Sebab, jika makanan kurang, maka janin yang akan mengambil dan menyerap sari makanan dari sang ibu sehingga hal ini dapat mengganggu ketahanan fisik dan kesehatan ibu. Karena itulah makanan yang baik untuk ibu hamil juga harus memperhatikan kecukupan dan keseimbangan kandungan gizinya.

Nutrisi Makanan Ibu Hamil

Menghitung kebutuhan nutrisi ibu hamil sebenarnya banyak patokan yang bisa dijadikan acuan. Institute of Medicine membuat perhitungan tentang indeks massa tubuh (IMT) dengan berat badan. Angka IMT ini diperoleh dengan cara membagi berat badan dengan kuadrat dari tinggi badan waita yang sedang hamil. Jika penambahan berat badan ibu hamil relative rendah, hal ini membawa risiko terjadinya berat badan lahir rendah (BBLR).

Begitu juga sebaliknya, jika penambaan berat badan ibu selama kehamilan terlau tinggi, maka juga dapat menyebabkan terjadinya kelahiran bayi besar yang juga berhubungan dengan potensi terjadinya obesitas pada anak nantinya, seperti terlihat pada tabel di bawah ini. Dengan memperhitungkan hasil IMT, anda dapat merencankan dan menyiapkan makanan sehat ibu hamil agar calon bayi anda nantinya dapat lahir dengan sempurna.

Untuk menambah berat badannya, maka ibu hamil perlu asupan kalori yang cukup yang akan menentukan berat lahir bayi nantinya. Namun asupan kalori pada makanan untuk ibu hamil ini perlu memperhatikan nutrisi yang seimbang yang mencakup karbohidrat sekitar 50 persen, lemak 30 persen, serta protein 20 persen. Nah, pemberian susu untuk ibu hamil sangat berguna untuk menambah atau menyeimbangkan kekurangan nutrisi ibu hamil yang sangat dibutuhkannya, terutama sejak hamil muda.

Meskipun demikian, susu ibu hamil maupun pemberian tambahan vitamin untuk ibu hamil sebenarnya tidak mutlak atau harus dilakukan. Dengan mengkonsumsi makanan sehari-hari dengan memperhatikan kandungan gizinya saja sudah mencukupi. Daging, telur, maupun berbagai macam sayuran dan buah-buahan yang mengandung beragam gizi dan nutrisi yang penting untuk ibu hamil jika dikonsumsi dengan cukup dan seimbang sudah sangat mencukupi.

Dalam menjaga keseimbangan tubuh, sebaiknya ibu yang hamil tidak melakukan program diet dalam bentuk apapun. Senam hamil mungkin berguna dalam menyeimbangkan berat badan anda. Meskipun anda mengalami obesitas, menjaga keseimbangan asupan Makanan Ibu Hamil sudah merupakan langkah baik tanpa perlu melakukan diet.

Tips Makanan Ibu Hamil yang Cukup dan Seimbang | admin | 4.5
error: Cara Menggugurkan Kandungan ini di Amankan!!