Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil

Post On: 3 Januari 2018
By:
In: Tips
Januari 1, 2018

Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil – Ibu hamil harus mendapat asupan makanan bergizi yang akan membantu bayi untuk mendapat nutrisi yang dibutuhkan dan tumbuh dengan sehat. Meskipun anda membutuhkan kalori ekstra saat hamil, namun tidak berarti anda harus makan dengan porsi dua orang. Ibu hamil hanya membutuhkan tambahan sekitar 300 kalori per hari. Jumlah ini cukup untuk membantu anda mendapatkan tambahan berat badan yang sehat saat hamil. Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil akan digunakan untuk perkembangan bayi, payudara yang lebih besar, uterus yang lebih besar, plasenta, cairan ketuban, peningkatan volume darah, peningkatan volume cairan dan pembentukan cadangan lemak yang dibutuhkan saat melahirkan dan menyusui.

Pada kehamilan trimester pertama, kebanyakan ibu hamil akan mengalami mual dan muntah. Hal ini mengakibatkan berat badan cenderung turun. Anda tidak perlu kuatir dengan hal ini karena kenaikan berat badan pada ibu hamil akan lebih dibutuhkan pada kehamilan trimester kedua dan ketiga.

Kenaikan berat badan ibu hamil

Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil

Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil sangat penting untuk kehamilan yang sehat dan seharusnya tidak dihindari karena berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan bayi anda. Sebagian besar berat badan ibu hamil anda akan turun setelah melahirkan. Ibu hamil biasanya kehilangan setengah dari berat badan saat hamil dalam waktu enam minggu pertama setelah melahirkan. Diet sehat yang dikombinasikan dengan olahraga teratur adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Lakukan olahraga secara bertahap dan jangan berusaha untuk menurunkan berat badan secara ekstrim.

Menjadi ibu dari bayi yang baru lahir akan membutuhkan banyak energi dan itu berarti tubuh anda membutuhkan cadangan lemak yang selama ini disimpan. Berikan waktu bagi tubuh anda untuk melakukan tugasnya dan berat badan anda pasti akan turun secara alami terutama jika anda menyusui dengan ASI.

Risiko Overweight dan Underweight

Ibu hamil yang memiliki kelebihan berat badan akan meningkatkan risiko berbagai komplikasi kehamilan  termasuk gestational diabetes, preeclampsia dan tekanan darah tinggi. Selain itu, ibu hamil yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas cenderung mengalami kesulitan menyusui, produksi ASI yang sedikit dan meningkatkan risiko obesitas pada anak.

Ibu hamil dengan berat badan dibawah normal akan berisiko melahirkan bayi prematur atau dengan berat lahir rendah. Kelahiran prematur dapat menyebabkan masalah kesehatan atau bahkan berakibat fatal bagi bayi. Jika anda memiliki berat badan dibawah normal maka akan sangat penting untuk menaikan berat badan saat anda sedang hamil.

Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil Yang Ideal

Kenaikan berat badan yang dibutuhkan ibu hamil akan tergantung dari berbagai faktor, antara lain berat badan sebelum hamil yang diukur dengan Indeks Massa Tubuh dan tingkat kesehatan anda dan bayi anda. Indeks Massa Tubuh adalah salah satu metode sederhana yang dapat dilakukan untuk mengukur status gizi pada orang dewasa, khususnya yang berkaitan dengan kekurangan dan kelebihan berat badan. Anda dapat menghitung Indeks Massa Tubuh dengan rumus sebagai berikut :

Indeks Massa Tubuh = Berat Badan Kilogram / (Tinggi Badan Meter x Tinggi Badan Meter )

Jika Indeks Massa Tubuh anda sebelum hamil berada di kisaran yang normal maka anda harus mendapatkan kenaikan sekitar 11 kilogram sampai dengan 16 kilogram selama kahamilan. Untuk anda yang memiliki kelebihan berat badan (IMT lebih dari 25,1) maka anda harus mendapatkan kenaikan sekitar 7 kilogram sampai dengan 11 kilogram selama kahamilan. Sedangkan jika anda memiliki kekurangan berat badan (IMT dibawah 18,4) maka anda harus mendapatkan kenaikan sekitar 13 kilogram sampai dengan 18 kilogram selama kahamilan.

Jika anda hamil dengan anak kembar, rekomendasi penambahan berat badan diatas mungkin sedikit lebih tinggi. Lakukan konsultasi dengan dokter untuk memastikan Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil yang dibutuhkan.

Tag:

Related to Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil